Menjaga Kepuasan Pelanggan, Hino Gelar Customer Satisfaction Contest 2016
Nov 16, 2016Tanggerang - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) terus melakukan inovasi dan improvement secara berkesinambungan di berbagai aspek, untuk itu HMSI kembali menggelar Customer Satisfaction Contest (CS Contest) 2016 pada 16 - 17 November 2016, bertempat di Pusat Pelayanan Purna Jual Hino, Jl. Raya Gatot Subroto Km. 8,5 Tangerang, Banten. Kontes yang diadakan untuk mempertemukan jajaran 3S (Sales, Service dan Spare Part) dari seluruh dealer Hino ini bertujuan mengapresiasi dan memotivasi tim dealer Hino diberbagai aspek untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan teknisnya sekaligus sebagai ajang evaluasi kinerja jajaran 3S dealer Hino. Acara yang rutin digelar setiap tahunnya ini mengusung tema "We Represent Hino Total Support" Dimana dalam konsep Total Support tersebut, setiap individu diharuskan memiliki pemahaman dan kemampuan yang sesuai standar HMSI, sehingga mampu memberikan solusi yang terbaik dan melampaui ekspektasi konsumen dengan kerjasama tim 3S. Seluruh materi test yang akan diberikan kepada peserta pun akan sangat berkolerasi dengan konsep Total Support dan juga disesuaikan dengan kondisi pasar saat ini serta kebijakan terbaru dari HMSI.
Hiroo Kayanoki selaku Presiden Direktur HMSI mengatakan “Hino berkeyakinan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, diperlukan tenaga kerja yang handal dan terpecaya. Untuk itu aktivitas pengembangan sumber daya manusia sangat lah penting dilakukan secara berkesinambungan oleh Hino bersama seluruh dealer disini”.
Tercatat total peserta sebanyak 350 orang dari seluruh dealer Hino yang tersebar di Indonesia, dimana para peserta ini sebelumnya telah melewati tahapan seleksi yang ketat oleh masing – masing dealer sehingga bisa lolos dan mewakili dealernya dalam ajang ini. Berbeda dari CS Contest tahun lalu, pada gelaran kali ini ada penambahan dua kategori yaitu kategori Hoyu Manager dimana dalam kategori ini peserta akan di uji kemampuannya dalam mengolah data dan memberikan strategi 3S untuk memberikan support bagi customer, dan kategori Field Advisor, untuk kategori ini peserta akan melombakan cara dalam memberikan solusi program support servis kendaraan Hino dan juga mendata profil customer Hino. dengan penambahan dua kategori ini, total 9 kategori yang akan diperlombakan yaitu kategori salesman light duty truck, salesman medium duty truck, service advisor, mechanic, customer care officer, fleet part salesman, warehouse, Hoyu Manager, Field Advisor. Semua kategori ini diperlombakan dengan standar yang telah ditetapkan oleh Hino. HMSI memberi penghargaan kepada Juara berupa hadiah khusus perjalanan ke luar negeri dan juga uang tunai.
“Melalui CS Contest ini, kami berharap kemampuan jajaran 3S Dealer Hino dapat meningkat. Pada CS Contest kali ini kami menambahkan agenda tambahan "Skill Show" dari staff HMSI, dengan tujuan para peserta dapat membawa pengetahuan baru setelah CS Contest selesai. Program ini merupakan wujud komitmen Hino untuk terus meningkatkan kualitas layanannya baik itu dibidang penjualan maupun purnajual", ujar Senior Executive Officer After Sales,Irwan Supriyono.
“Melalui CS Contest ini, kami berharap kemampuan jajaran 3S Dealer Hino dapat meningkat. Pada CS Contest kali ini kami menambahkan agenda tambahan "Skill Show" dari staff HMSI, dengan tujuan para peserta dapat membawa pengetahuan baru setelah CS Contest selesai. Program ini merupakan wujud komitmen Hino untuk terus meningkatkan kualitas layanannya baik itu dibidang penjualan maupun purnajual", ujar Senior Executive Officer After Sales,Irwan Supriyono.
Bulan Oktober 2016 , Hino meraih penjualan tertinggi tahun ini.
Hino sebagai perusahaan berbasis pelanggan selalu mengutamakan kepuasan pelanggan disetiap produk dan layanan purnal jual, untuk itu setiap tahunnya Hino selalu rutin menggelar CS Contest, hasilnya tidak dipungkiri lagi berdampak pada penjualan yang positif. Seperti selama periode Januari – Oktober tahun ini, Hino mampu menjaga market sharenya sebagai market leader medium duty truck dengan meraih 60% pangsa pasar. Tentunya ini merupakan capain yang luar biasa ditengah kondisi pasar yang masih tertekan. Hasil yang sangat mengembirakan juga datang dari segmen light duty truck, Hino melalui produk andalannya Hino Dutro mampu meraih peningkatan market share menjadi 21.37% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 17%. Hasil ini sangat positif, dimana pasar light duty truck turun 18% dibanding tahun lalu, namun Hino justru mencatatkan peningkatkan market share dan dapat terus tumbuh. Tentunya hasil yang memuaskan ini tidak terlepas dari kepuasaan para pelanggan akan produk dan layanan produk Hino.
“Kami terus berupaya menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan setia kami, ini yang menjadi kunci penjualan Hino tetap stabil disaat situasi pasar seperti ini. Hino juga meraih hasil yang gemilang di bulan oktober kemarin, dimana pada bulan tersebut meraih penjualan tertinggi tahun ini sebanyak 2.040 unit dan naik 12.9% dibanding bulan sebelumnya”, tutup Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.
Hino sebagai perusahaan berbasis pelanggan selalu mengutamakan kepuasan pelanggan disetiap produk dan layanan purnal jual, untuk itu setiap tahunnya Hino selalu rutin menggelar CS Contest, hasilnya tidak dipungkiri lagi berdampak pada penjualan yang positif. Seperti selama periode Januari – Oktober tahun ini, Hino mampu menjaga market sharenya sebagai market leader medium duty truck dengan meraih 60% pangsa pasar. Tentunya ini merupakan capain yang luar biasa ditengah kondisi pasar yang masih tertekan. Hasil yang sangat mengembirakan juga datang dari segmen light duty truck, Hino melalui produk andalannya Hino Dutro mampu meraih peningkatan market share menjadi 21.37% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 17%. Hasil ini sangat positif, dimana pasar light duty truck turun 18% dibanding tahun lalu, namun Hino justru mencatatkan peningkatkan market share dan dapat terus tumbuh. Tentunya hasil yang memuaskan ini tidak terlepas dari kepuasaan para pelanggan akan produk dan layanan produk Hino.
“Kami terus berupaya menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan setia kami, ini yang menjadi kunci penjualan Hino tetap stabil disaat situasi pasar seperti ini. Hino juga meraih hasil yang gemilang di bulan oktober kemarin, dimana pada bulan tersebut meraih penjualan tertinggi tahun ini sebanyak 2.040 unit dan naik 12.9% dibanding bulan sebelumnya”, tutup Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.
Hino Membuat Bisnis Anda Lebih MudahAug 11, 2016
Jakarta, 11 Agustus 2016 – Sebagai pemimpin pasar di segmen medium duty trucks selama 16 tahun, PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), kembali hadir dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 (GIIAS). Menempati Hall 3A dengan booth seluas 1.238 m2, Hino hadir dengan tagline “Membuat Bisnis Anda Lebih Mudah”. Hal ini didasari oleh filosofi Total Support, Dimana Hino mengembangkan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisnis customernya dan layanan purna jual yang handal untuk memberikan keuntungan yang maksimal bagi customer dengan masa operasional 100% dan minimum operational cost. Didasari hal tersebut Hino menghadirkan beragam solusi bisnis bagi para pengusaha melalui produk – produk unggulannya yang telah terbukti kualitas dan ketangguhannya.
Hiroo Kayanoki sebagai Presiden Direktur HMSI menuturkan “Hino akan selalu mendukung transportasi baik itu barang maupun penumpang. Dan kami juga mendukung pembangunan infrastruktur, kami ingin berkontribusi memajukan bangsa Indonesia dan juga masyarakatnya untuk kemajuan bersama. Untuk itu Hino memberikan produk yang terbaik dan total support untuk memaksimalkan keuntungan bisnis dan meminimalkan biaya operasional. Hasilnya kami menampilkan 7 produk terbaik yang disesuaikan dengan segmen bisnis .
Total terdapat 7 tipe model dalam booth Hino untuk beragam kebutuhan bisnis. Seperti bagi customer yang bergerak di bidang distribusi, Hino menampilkan model Dutro 110 SDLR. Light duty truck ini merupakan truk dengan ruang kargo terpanjang dikelasnya, karena memiliki sasis lebih panjang dengan bentang panjang bak hingga 4,260 meter. Tentunya ini merupakan solusi bagi pengusaha distributor barang konsumer yang membutuhkan angkutan kendaraan untuk membawa barang ringan dalam jumlah besar namun memiliki bodi ramping, sehingga mudah untuk melakukan manuver di jalan-jalan sempit perkotaan. Selain itu untuk segmen bisnis konstruksi Hino menampilkan New Generation Ranger FM 260 JD yang merupakan legenda dump truk di Indonesia dimana ini merupakan tipe model Hino yang paling banyak terjual serta teruji benar kekuatan dan ketangguhannya selain itu untuk tipe dump truk, Hino juga memiliki FM 235 JD dimana tipe ini untuk melengkapi kebutuhan konsumen akan dump truk yang kuat dan tangguh untuk beroperasi di medan yang tidak terlalu ekstrim. Dan sejalan dengan pemerintah dalam upaya terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Hino juga menampilkan solusi untuk armada pelayanan terhadap masyarakat seperti New Generation Ranger FG 235 JJ dengan bentuk Road Sweeper yang dapat menjadi solusi kebersihan di jalan demi terwujudnya Indonesia sehat dan bebas sampah. Selain itu Hino juga menampilkan Hino Dutro 130 HD dalam bentuk armada pemadam kebakaran, Hino Dutro 110 SDB berbalut bodi ambulance dan tak ketinggalan Hino bus sekolah yang menggunakan sasis bus Hino FB 130 yang memiliki kapasitas 30 tempat duduk untuk membantu kelancaran para siswa - siswi penurus bangsa dalam bersekolah.
Selain menampilkan deretan produk terbaiknya, booth Hino juga memiliki fasilitas yang membuat customer semakin mudah memiliki kendaraan Hino untuk menjalankan bisnisnya seperti Financing Corner dimana customer dapat memilih beragam pembiayaan yang didukung langsung oleh perusahaan pembiayaan seperti Hino Finance, IMFI, Mitsui, Adira dan Mandiri Tunas Finance. Selain itu Hino juga memberikan bunga khusus 0% dan Hadiah TV LED 32” setiap pembelian Hino Dutro di GIIAS 2016. Interior Hino Booth didesign dengan nuansa Jepang dimana terdapat taman sakura yang mempercantik tampilan booth, serta penampilan para sales promotion girl (SPG) menggunakan pakaian Yukata yang semakin memperkuat aroma negeri matahari terbit. Selain itu untuk menambah kenyamanan dan kepuasaan pengunjung booth Hino disajikan juga snack asal negeri sakura berupa ocha dan onigiri.
“Jepang terkenal dengan produk – produknya yang memiliki kualitas tinggi. Untuk itu kami memilih design seperti ini dalam booth Hino, agar semakin memperkuat image kepada pengunjung bahwa truk dan bus kami memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi, karena memang benar sudah terbukti kekuatan dan ketangguhannya. “Selain itu dengan design seperti ini memperkuat idenditas Hino sebagai perusahaan asal Jepang”. Ungkap Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.
“Jepang terkenal dengan produk – produknya yang memiliki kualitas tinggi. Untuk itu kami memilih design seperti ini dalam booth Hino, agar semakin memperkuat image kepada pengunjung bahwa truk dan bus kami memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi, karena memang benar sudah terbukti kekuatan dan ketangguhannya. “Selain itu dengan design seperti ini memperkuat idenditas Hino sebagai perusahaan asal Jepang”. Ungkap Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.
Hino Melayani Kebutuhan Bisnis Pengusaha Indonesia Hingga Ke Provinsi Paling Barat
Sep 29, 2016Aceh, 29 September 2016 - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memasuki semester kedua tahun ini kembali memperkuat jaringannya di Indonesia, dengan meresmikan outlet terbaru Hino di Propinsi Aceh. Outlet yang beralamat lengkap di Jl. Soekarno Hatta, Lampeuneurut Aceh Besar, Propinsi Aceh ini berada dibawah naungan dealer resmi Hino untuk wilayah Propinsi Aceh, Indomobil Prima Niaga dan merupakan cabang yang kedua di kota serambi mekkah. Outlet ini sebelumnya hanya memiliki fasilitas 1S (Sales) dan sekarang sudah ditingkatkan menjadi 3S seiring dengan meningkatnya volume dan kebutuhan konsumen di kota Aceh Besar dan sekitarnya akan layanan purnal jual (after sales) dan suku cadang (spare parts) resmi Hino, maka kini outlet Indomobil Prima Niaga hadir dengan fasilitas 3S (Sales, Service, Spareparts). Acara pembukaan ini dihadiri oleh Hiroo Kayanoki – Presiden Direktur HMSI, Jusak Kertowidjojo – Presiden Direktur PT Indomobil Sukses International Tbk, Santiko Wardoyo – Direktur Penjualan & Promosi HMSI, Tatsuro Tazaki – Direktur Marketing & Dealer Development HMSI serta Tan Kim Piauw – CEO PT Indomobil Prima Niaga.
Hiroo Kayanoki mengutarakan “Tujuan diresmikannya outlet 3S ini yaitu untuk menjawab kebutuhan konsumen akan kendaraan komersial, sekaligus meningkatkan bisnis Hino di Propinsi Aceh. Karena disini merupakan salah satu pasar yang penting bagi Hino dimana disini banyak terdapat Industri Gas Alam, Minyak Bumi, Semen, Pertanian dan Perkebunan”.
Showroom Hino Indomobil Prima Niaga memiliki 4 bay/stall berdiri di atas lahan seluas 5.605 m2 dengan bangunan sebesar 1.535 m2. Ditunjang dengan peralatan yang lengkap serta mekanik yang handal untuk hasil kerja yang optimal dan cepat. Terdapat ruang tunggu yang nyaman dengan fasilitas wifi bagi customer ketika menunggu kendaraan saat diservis. Disamping itu untuk customer yang tidak bisa datang ke showroom, tersedia service car untuk melayani pelanggan dimanapun berada. Sedangkan jika pelanggan mempunyai waktu terbatas tersedia layanan booking service sehingga customer bisa menyusun jadwal untuk service sesuai waktu yang ditentukan dengan menghubungi nomor telepon di 0651 – 33108 / 33221 / 43089. Hingga saat ini, total Hino telah memiliki 160 outlet secara nasional dengan diresmikannya outlet di Aceh Besar ini.
“Melalui showroom baru ini, kami berharap dapat lebih memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan Hino di wilayah Aceh Besar. Melalui konsep Total Support, Hino memberikan best fit product serta layanan purna jual yang mumpuni untuk masa pakai yang maksimal dan biaya yang minimal. Sehingga customer dapat menjalankan bisnisnya dengan lancar dan sukses”, ungkap Tatsuro Tazaki.
Untuk wilayah Aceh sendiri, Hino mencatatkan hasil penjualan yang positif selama semester pertama tahun ini. Dimana dalam segmen medium duty truck Hino tetap memimpin pasar dengan market share sebesar 71%. Ini tentunya menjadi bukti kualitas dan layanan produk Hino sehingga dipilih dan mendapat kepercayaan lebih dari masyarakat Aceh.
“Hino mampu membukukan prestasi dengan tetap menjadi pemimpin pasar medium duty truck di Aceh selama semester pertama tahun ini. Dengan adanya showroom baru ini dengan fasilitas yang lebih lengkap lagi dan sudah sesuai dengan standard dari HMSI, kami harapkan market share ini dapat terus terjaga dan masyarakat semakin puas akan produk dan layanan kami, tutup Santiko Wardoyo.
Grand Opening Showroom Hino Authorized Dealer Cakung PT Hibaindo Armada Motor
Jun 03, 2016
Cakung, 3 Juni 2016 – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai Main Dealer kendaraan Hino dan pemimpin pasar di kelas medium duty truck selama 16 tahun, Hino terus memperkuat jaringan layanan penjualan dan purna jualnya. Dengan meresmikan relokasi dealer Hino PT. Hibaindo Armada Motor (HAM) ke kawasan industri Cakung, Jakarta Timur. Dimana lokasi ini dipilih karena lebih luas dan representative serta merupakan jalur lalu lintas truk dan bus yang sangat ramai. Showroom ini memiliki fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Parts) yang siap melayani untuk memberi kemudahaan dan kenyamanan bagi pengguna kendaraan Hino di wilayah DKI Jakarta khususnya kawasan industri Cakung.
Acara pembukaan ini dihadiri oleh Hiroo Kayanoki – Presiden Direktur HMSI, Santiko Wardoyo – Direktur Penjualan & Promosi HMSI, Masaki Hanayama – Direktur Sales Planning & Logistic HMSI, dan Tatsuro Tazaki – Direktur Marketing & Dealer Development HMSI serta Jacobus Irawan – CEO PT HAM & CEO Hiba Group, dan Trysie Mokoagouw - Direktur Pelaksana PT HAM.
Hiroo Kayanoki mengatakan, Perluasan jaringan penjualan dan purna jual merupakan salah satu perwujudan dari komitmen Hino untuk memberikan layanan Total Support kepada pelanggan setianya, dengan memberikan best fit product serta layanan purna jual yang mumpuni. Tentunya, ini semua guna membantu bisnis customer Hino berjalan lebih mudah”.
Lokasi baru showroom Hibaindo Armada Motor ini beralamat di Jl. Raya Bekasi Timur Km. 22, Cakung yang berdiri di atas tanah seluas 7.500 m2 dengan luas bangunan sebesar 2.443 m2,dimana sebelumnya berada di kawasan klender. Outlet ini sudah mengaplikasikan desain dan standar fasilitas Hino dilengkapi dengan Sales Counter dan Unit Display untuk memberikan pelayanan penjualan yang optimal bagi pelanggan. Di sisi lain, untuk meminimalkan ‘downtime’ unit operasional customer, Hino Cakung memiliki 1 bay untuk melakukan pengujian KIR Swasta dan 9 bay servis untuk melakukan perawatan berkala (Periodic service), Perbaikan ringan (Light repair), perbaikan berat (Heavy repair) dan perbaikan komponen (Component repair). Showroom ini juga dilengkapi oleh gudang spare part seluas 104 m2 dengan kapasitas penyimpanan 2.000 item. Selain itu terdapat ruang tunggu service yang nyaman, karena memiliki fasilitas smoking room area, dan tersedianya free wifi.
“Hadirnya showroom dealer Hino merupakan hal yang sangat penting untuk mendekatkan Hino kepada pelanggan setianya di wilayah industri Cakung. Dan diharapkan dapat meningkatkan bisnis Hino di tahun ini serta memperkuat posisi kami sebagai market leader, ungkap Santiko Wardoyo.
Tercatat selama Januari - April 2016, Hino menguasai 59% market share untuk segmen medium duty truck atau meningkat dibanding periode yang sama tahun lalu yang tercatat 58%. Tentunya ini hasil yang positif ditengah situasi pasar yang belum stabil. Sementara untuk segmen light duty truck Hino juga meraih hasil yang menggembirakan dimana selama kurun waktu Januari sampai April 2016 Hino dapat membukukan 20% market share atau naik dari 19% yang diperoleh pada kurun waktu yang sama di tahun lalu. Sehingga di harapkan pencapaian bagus ini dapat dipertahankan sampai akhir tahun 2016. Tentunya hasil positif ini tidak terlepas dari produk – produk terbaik yang diberikan kepada customer untuk mempermudah menjalankan bisnisnya, serta layanan purna jual yang prima dan didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dari Hino.
“Showroom dan fasilitas servis Hino Hibaindo Cabang Cakung ini adalah Outlet ke-8 PT. Hibaindo Armada Motor. Didukung dengan SDM yang handal dan professional, PT. Hibaindo Armada Motor sebagai dealer resmi Hino siap memberikan layanan terbaik sehingga nantinya para pelanggan mendapatkan pengalaman berkesan saat memilih kendaraan Hino sebagai partner bisnisnya”. Tambah Jacobus Irawan.
Hino Dukung Dunia Pendidikan Dengan Memberikan Simulator Komponen Kendaraan Bermotor Kepada Institut Teknologi Bandung
Mar 28, 2016
Bandung, 28 Maret 2016 – Hino Indonesia kembali lakukan program CSR. Pada kesempatan ini, Hino Indonesia melaksanakan kegiatan CSR di Institut Teknologi Bandung, khususnya pada Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) dengan memberikan beberapa komponen utama kendaraan bermotor yang telah dikonversikan menjadi simulator untuk menunjang proses belajar mengajar mahasiswa. Komponen-komponen yang diberikan terdiri dari: 1) Simulator cara kerja Differential Carrier dan Rear Axle truck; 2) Simulator cara kerja Transmisi Manual; 3) Mesin Diesel 4 silinder dengan perlengkapannya untuk dipergunakan sebagai penelitian dan pengujian pada Laboratorium Motor Bakar dan Sistem Propulsi FTMD – ITB; 4) Leaf spring assy ; 5) Propeller Shaft pada static stand; dan 6) Gear box steering.
Komponen-komponen kendaraan bermotor tersebut diserahkan oleh J. Ralhan selaku Direktur PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia kepada Dr. Hari Muhammad selaku Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara - Institut Teknologi Bandung. Acara serah terima dilaksanakan di gedung FTMD Institut Teknologi Bandung dan dihadiri oleh Prof.Dr. Zainal Abidin - Wakil Dekan Bidang Akademk FTMD; Dr. Ignatius Pulung Nusprasetio - Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FTMD; Dr. Arief Hariyanto - Ketua Program Studi Teknik Mesin; para Ketua Kelompok Keahlian FTMD - ITB; Staff Akademik FTMD – ITB; Manajemen Hino Indonesia beserta team CSR.
Selama kurun waktu lebih dari 30 tahun, Hino Indonesia telah menjadi bagian dalam derap langkah pembangunan di Indonesia dan berkomitmen untuk tetap memanfaatkan potensi dalam negeri, baik sumber daya industri maupun sumber daya manusia. Dalam menjalankan operasional usahanya, Hino Indonesia telah menyerap ribuan sumber daya bangsa Indonesia yang ahli dalam bidangnya masing-masing.
Oleh karenanya, pendidikan merupakan pangkal tolak yang penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap untuk bekerja dalam industri. “Semoga kontribusi dari Hino Indonesia ini dapat dimanfaatkan sepenuhnya dengan tujuan makin mendekatkan teori dalam pendidikan dengan praktek nyata dalam industri” ujar J. Ralhan. Dengan adanya komponen simulator dan penggunaan lainnya, mahasiswa diharapkan dapat memahami secara actual mengenai sistem kerja komponen-komponen utama dari kendaraan bermotor.
Hino Indonesia juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa / mahasiswi ITB untuk melakukan kerja praktek dan mengembangkan kariernya dalam dunia industri dan bisnis kendaran bermotor.
Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Hino Indonesia merupakan kegiatan yang berkesinambungan dan menjadi kegiatan resmi perusahaan dengan lingkup: pendidikan, kesehatan, social budaya, perlindungan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat. (*)
Hino Berikan Bus Sekolah Kepada SMK Mataram Semarang
Mar 12, 2016Semarang, 12 Maret 2016 – Hino berikan 1 (satu) unit Hino Dutro 130 MDLB kepada SMK Mataram Semarang untuk dipergunakan sebagai bus sekolah. Acara serah terima dilaksanakan di SMK Mataram Semarang dan dihadiri oleh Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur PT. Hino Motors Sales Indonesia; J. Ralhan, Direktur PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia; Hendrar Prihadi, S.E., M.M., Walikota Semarang beserta jajarannya; Drs. Bunyamin, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang beserta jajarannya; dan Dr. Ir. Gunadi Sindhuwinata, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Mataram dan tim Corporate Social Responsibility (CSR) Hino Indonesia.
SMK Mataram Semarang yang berlokasi di ibukota Jawa Tengah merupakan salah satu SMK terkemuka yang memiliki jurusan otomotif, tata boga dan tata busana. SMK Mataram Semarang dikenal di tingkat nasional sebagai SMK yang berkualitas dan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dan tenaga pengajar Master dan Sarjana yang kompeten di bidangnya.
Bus Sekolah yang diberikan oleh Hino Indonesia akan dipergunakan untuk mengantar siswa ke tempat praktek di berbagai lokasi di seputar Semarang. Dengan adanya bus sekolah ini, keamanan dan keselamatan para siswa dalam perjalanan dari dan menuju sekolah akan terjaga.
“Pemberian Bus Skolah ini adalah bentuk kepedulian dan dukungan kami terhadap sektor pendidikan. Kami menempatkan keterampilan dan pengalaman praktek sebagai prioritas utama. Teori dan praktek harus berjalan seiring,” kata Hiroo Kayanoki.
"Ini adalah kedua kalinya kami bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Mataram. Sebelumnya, kami pernah memberikan 1 (satu) unit mesin Hino H07D pada tahun 2015 untuk pelatihan siswa. Kami sangat senang bekerja dengan Yayasan Pendidikan Mataram karena Yayasan ini benar-benar peduli tentang perkembangan pendidikan siswanya," ujar J. Ralhan.
Hino Indonesia terus memberikan kembali kepada masyarakat melalui berbagai program CSRnya di berbagai wilayah di Indonesia. Kegiatan utama CSR Hino Indonesia meliputi aspek kesehatan, pendidikan, perlindungan lingkungan, kebudayaan dan pengembangan masyarakat. Sejalan dengan misi Hino yaitu "Menjadikan dunia sebagai tempat kehidupan yang lebih baik dengan membantu orang dan barang sampai tempat tujuan dengan aman. ekonomis dan bertanggungjawab terhadap lingkungan dengan memperhatikan pengembangan yang berkesinambungan", Hino Indonesia akan terus berkontribusi terhadap masyarakat.
Hino Gelar Malam Apresiasi Bagi Pelanggan Lampung
Mar 11, 2016
Bandar Lampung – Keberhasilan Hino menjadi market leader medium duty truck di Indonesia selama 16 tahun tak lepas dari kepuasan pelanggan yang telah mempercayakan Hino sebagai pilihan armada untuk membuat bisnis mereka lebih mudah. Selain menawarkan produk dan layanan berkualitas, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku main dealer kendaraan Hino di Indonesia, juga mengupayakan berbagai program dalam membangun kepercayaan customer. HMSI rutin menyelenggarakan Hino Night yang dilaksanakan setiap tahunnya, mengajak customer untuk berkumpul bersama di acara spesial ini. Kali ini Lampung dipilih menjadi tempat dilaksanakannya Hino Night dihadiri oleh Hiroo Kayanoki – Presiden Direktur HMSI, Santiko Wardoyo – Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, serta Sugianto Azis – Owner PT Persada Lampung Raya. Acara ini juga turut mengundang pelanggan setia Hino dari PT Persada Lampung Raya selaku dealer resmi Hino untuk wilayah tersebut. Hino Night digelar dengan tujuan untuk mempererat hubungan antara Hino dengan para customer loyalnya sekaligus sebagai ajang sharing informasi antara pelaku bisnis, HMSI dan dealer yang siap menerima masukan dari para customer yang tentunya bermanfaat untuk menyediakan kendaran niaga yang lebih baik lagi kedepannya.
“Kami selalu mendekatkan diri dengan customer, mendengar kebutuhan mereka, dan memastikan customer mengerti bahwa kami akan selalu siap melayani kebutuhan mereka dalam kendaraan niaga. Dan ini salah satu bentuk Total Support Hino kepada customernya” ujar Hiroo Kayanoki.
Dalam Hino Night, HMSI turut mensosialisasikan layanan serta produk nya, yang terdiri dari Hino Dutro di kelas light duty truck, dan New Generation Ranger di kelas medium duty truck. Masing- masing kategori dirancang khusus untuk menyesuaikan berbagai jenis kebutuhan dan usaha customer.
“Program ini diharapkan meningkatkan kepuasan pelanggan Hino. Dan akan terus berlanjut ke depannya, tentunya ini semua untuk memperkuat market share kami yang tahun lalu tercatat 65.4% untuk kelas medium duty truck dan 12.3% untuk light duty truk. Di tahun 2016 kita targetkan dapat meraih 20% market share untuk kelas light duty truck dan mampu mempertahankan market share untuk segmen medium”,tutup Santiko Wardoyo.
Hino Gelar Road Show FC Bus Di Surabaya
Feb 18, 2016Surabaya – PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dengan PT Catur Kokoh Mobil Nasional (CKMN), selaku dealer resmi Hino untuk wilayah Jawa Timur, menggelar road show FC Bus untuk menguji ketangguhan mesin dan kenyamanan bus terbaru Hino dengan melibatkan para Pengusaha Otobus (PO) di daerah Jatim dan menggandeng Michelin sebagai pemasok ban radial untuk model bus tersebut. Program uji coba ketangguhan mesin FC Bus ini telah dicoba dijalankan dari Jakarta ke Bali pada tanggal 18 hingga 20 Januari yang lalu, dengan perjalanan yang ditempuh ± 980 km. Mulai dari jalan tol, jalan pegunungan yang menanjak, kondisi jalanan yang kering dan basah, berhasil di lewati Hino FC Bus ini sekaligus menjadi bukti ketangguhan mesin yang dimilikinya. Sementara untuk kali ini rute yang ditempuh adalah dari Surabaya menuju Malang dengan tantangan rute yang tidak kalah beratnya dengan melewati tanjakan panjang di kawasan wisata Selecta, Batu, Malang.
FC Bus merupakan bus terbaru dari Hino yang diluncurkan dalam acara GIIAS yang diselenggarakan pada bulan Agustus 2015 yang lalu. Bus ini memiliki kapasitas 40 penumpang, yang sekaligus melengkapi jajaran produk bus Hino yang sebelumnya hanya terdapat bus besar dengan kapasitas 59 penumpang dan bus kecil dengan kapasitas 30 penumpang. FC Bus ini sangat cocok digunakan untuk pariwisata maupun transportasi dalam kota dan antar kota.
Masaki Hanayama selaku Sales Planning & Logistic Director HMSI, “Jawa Timur merupakan pasar yang penting bagi Hino, dan bus sangat berperan besar di sini sebagai penghubung setiap kota di Jawa Timur. Untuk itulah, kami yakin produk ini dapat diterima dengan baik dengan customer di sini karena bus ini memang dirancang untuk solusi transportasi yang ekonomis dan efisien“.
Hino FC Bus didukung dengan mesin sistem Common Rail 4 silinder yang menghasilkan tenaga 190 PS dengan torsi maksimum 56kgm serta dilengkapi Turbo Charger Intercooler sehingga menghasilkan performa tangguh dan lincah pada saat berkendara serta teruji kehandalan dan kemudahan dalam perawatannya. Hadir dengan transmisi LX06S, dimana variasi gigi ratio yang disesuaikan dengan torsi mesin sehingga menambah performa daya tanjak dan daya tahan gardan lebih lama. Sasis yang tebal dan kuat membuat daya tahan sasis terhadap beban sangat baik dan tahan lama. FC Bus Hino dilengkapi dengan ban radial Michelin 8.25 R16 Agilis LT, yang dapat meningkatkan ketahanan terhadap bahaya kerusakan jalan dan dari kerusakan akibat efek panas. Selain itu, ban radial Michelin tersebut mempunyai rolling resistance yang kecil, sehingga ban tersebut mampu menciptakan penghematan bahan bakar hingga 10% dibandingkan dengan ban bias yang sebelumnya diuji coba di FC Bus tersebut.
“Kami yakin FC Bus dapat memenuhi kebutuhan para pengusaha otobus akan sebuah bus yang nyaman dengan tenaga yang handal. Di sisi lain, kami juga mendukung bus ini dengan layanan purna jual yang prima seperti Free Service selama 2 tahun atau 60.000 KM dan juga garansi selama 1 tahun”, tutup Mario Soedewo, selaku Direktur PT CKMN.
Hino FC Bus Road Show Sambangi Bali
Jan 22, 2016Denpasar – PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggelar program FC Bus Road show bersama PT Cahaya Surya Bali Indah (CSBI) selaku dealer resmi Hino untuk wilayah Bali. Program ini hadir mengunjungi beberapa daerah yang menjadi pasar strategis dari Hino seperti Bali, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Bandung. Kegiatan ini menghadirkan para Pengusaha Otobus (PO) yang menjadi konsumen loyal Hino, dan bertujuan untuk memperkenalkan kepada pelanggan mengenai bus terbaru milik Hino. FC Bus merupakan bus terbaru dari Hino yang diluncurkan dalam event GIIAS agustus 2015 yang lalu, Bus ini memiliki kapasitas sampai dengan 40 tempat duduk sekaligus melengkapi jajaran produk bus Hino yang sebelumnya hanya terdapat bis besar yang memiliki kapasitas 59 tempat duduk dan bus kecil dengan kapasitas 30 tempat duduk, sehingga sangat cocok digunakan untuk pariwisata di bali dalam membawa grup wisatawan dalam jumlah sedang sehingga lebih efisien dan ekonomis.
Masaki Hanayama selaku Sales Planning & Logistic Director HMSI mengatakan, “Program seperti ini sudah rutin kami lakukan untuk setiap produk bus terbaru kami, karena kami ingin lebih mendekatkan diri ke customer sekaligus mereka dapat mencoba dan merasakan kenyamanan bus terbaru kami”. “Kami ingin memperkenalkan beberapa fitur-fitur yang dimiliki FC Bus yang memberikan banyak keuntungan bagi pengusaha bus dan sopir mereka, sehingga customer yang membeli bus memperoleh nilai lebih dalam mengembangkan bisnis mereka”,tambah Hanayama.
Unit ini didukung dengan mesin sistem Common Rail 4 silinder yang menghasilkan tenaga besar. Bus ini mampu menghasilkan tenaga 190 PS dengan torsi maksimum 56kgm serta dilengkapi Turbo Charger Intercooler sehingga menghasilkan performa tangguh dan lincah pada saat berkendara serta teruji kehandalan dan kemudahan dalam perawatannya. Hadir dengan transmisi LX06S dimana variasi gigi ratio yang disesuaikan dengan torsi mesin sehingga menambah performa daya tanjak dan daya tahan gardan lebih lama. FC Bus ini sangat sesuai digunakan dalam perjalanan dalam kota maupun antar kota. Sasis yang tebal dan kuat membuat daya tahan sasis terhadap beban sangat baik dan tahan lama. Ban pada FC Bus hadir dengan jejak lebih lebar sehingga lebih stabil dan menambah kenyamanan berkendara.
“Kami hadir memberikan solusi bagi pengusaha bus, mereka tidak sekedar membeli produk tapi juga mendapat keuntungan apalagi kami dukung dengan layanan purna jual yang mumpuni dan jaringan Hino yang tersebar diseluruh Indonesia,” tutur Prasetyo Adi Yudho, selaku Kepala Divisi Product Planning HMSI.
Dengan produk terbaru ini semakin memperkuat posisi Hino sebagai market leader dalam pasar bus sedang, tercatat selama tahun 2015 lalu Bus Hino mampu meraih market share sebesar 80%, ini sekaligus bukti kehandalan dan ketangguhan bus Hino yang didukung layanan purna jual yang prima.
Hino Optimalkan Layanan Terbaik di Papua Barat
Jan 21, 2016
Sorong – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama PT Kreasi Auto Kencana (KAK) selaku dealer resmi Hino untuk wilayah Papua Barat. Pada hari ini, Kamis 21 Januari 2016 meresmikan showroom baru dengan fasilitas 3S (Sales, Service, & Sparepart) di Sorong, Papua Barat. Acara ini dihadiri oleh Hiroo Kayanoki - Presiden Direktur HMSI, Santiko Wardoyo – Direktur Sales dan Promosi HMSI, Irwan Supriyono - Senior Executive Officer service dan sparepart HMSI, Andee Y. Yoestong - Presiden Direktur PT. KAK, Rizky Putra - Direktur Marketing & Sales Planning PT. KAK
Dalam sambutannya Hiroo Kayanoki mengungkapkan “Kota Sorong, Papua Barat merupakan wilayah yang sangat strategis dan potensial terutama pada sumber daya alam dan pariwisata sehingga banyak pebisnis mulai menanamkan modalnya di wilayah ini. Oleh karena itu, kami berharap kehadiran dealer resmi Hino dengan fasilitas 3S (Sales, service, & sparepart) dapat menunjang bisnis para customer maupun calon customer dengan memberikan layanan terbaik kepada mereka”.
Showroom Hino di kota Sorong terletak di Jl. Basuki Rachmat km 9,5 dibangun sesuai dengan standarisasi showroom Hino dengan area seluas 2.865m2 dan luas bangunan 1.118m2. Dalam upaya memberikan layanan terbaik bagi customer, showroom Hino Sorong dilengkapi dengan fasilitas Sales Counter dan Unit Display serta berbagai layanan service yang sangat lengkap antara lain ruang tunggu yang nyaman, area service lebih luas, 4 bay service untuk melakukan perawatan berkala (Periodic service), Perbaikan ringan (Light repair), perbaikan berat (Heavy repair) dan perbaikan komponen (Component repair); serta gudang spare part seluas 120m2 dengan 10 part shop untuk jaminan ketersediaan sparepart Hino. Hadirnya dealer showroom 3S ini, diharapkan para customer merasa puas dalam menggunakan kendaraan Hino.
“Hino selalu berupaya memberikan layanan terbaik melalui berbagai macam program maka untuk memuaskan pelanggan, Hino memberikan program FSP 2 tahun (Free Service Program) kendaraan Hino yaitu layanan perawatan berkala gratis sampai dengan 60.000 KM atau mencapai 2 tahun sejak pelanggan membeli (menerima) kendaraan baru Hino dari dealer resmi Hino” ucap Andee Y. Yoestong.
“Dengan dibukanya showroom Hino dengan fasilitas 3S di Sorong. Kami sangat senang karena dapat memenuhi kebutuhan para konsumen di wilayah ini serta memperkuat jaringan penjualan Hino dan kami yakin Hino dapat mencapai hasil yang optimal. Di akhir tahun 2015, di Papua Barat kami memiliki total market share 76% untuk segmen medium duty truck dan 8% untuk segmen light duty truck. Sehingga di tahun 2016 ditargetkan market share untuk segmen medium duty truck dapat terus kami pertahankan dan ditargetkan 20% market share untuk segmen light duty truck” ucap Santiko Wardoyo.
Hino Berikan Bus Untuk Sarana Belajar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan
Jan 14, 2016Bali, 14 Januari 2016 – PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mewujudkan peran aktifnya terhadap kemajuan masyarakat dengan kembali melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Pada kesempatan kali ini, Hino memberikan 4 unit bus dengan tipe R260 dan FB 130 kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDM) Kementerian Perhubungan. Acara serah terima unit bus ini dilakukan di Balai Pendidikan dan Transportasi Darat (BPPTD) Bali, Jl Batuyang No. 109, Gianyar, dan dihadiri oleh Hiroo Kayanoki - Presiden Direktur HMSI, Santiko Wardoyo - Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, Hotma P Simanjuntak – Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat, Subroto – Kepala BPPTD Bali dan beserta jajarannya.
BPSDM merupakan badan yang bertugas dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang perhubungan dengan tujuan menyelengarakan transportasi yang handal serta berorientasi zero accidents yang berada dibawah Kementerian Perhubungan. Bus Hino ini akan digunakan oleh BPSDM sebagai sarana belajar peserta diklat di BPPTD Tegal dan Bali, dengan tujuan para peserta diklat mengerti dan mengetahui lebih dalam mengenai kendaraan niaga sehingga kedepannya transportasi di Indonesia dapat lebih maju dan sukses lagi dalam melayani masyarakat. Dipilihnya bus Hino tipe R260 yang merupakan bus kategori besar dengan kapasitas 55 kursi, dan Bus Hino tipe FB 130 yang termasuk bus katergori sedang yang dapat memuat 30 kursi, karena kedua bus ini senantiasa menjadi sarana transportasi yang digunakan oleh masyarakat.
Hiroo Kayanoki mengatakan “Hino selalu berperan aktif dalam mendukung pemerintah untuk mewujudkan sumber daya manusia yang prima dan professional dalam menyelengarakan transportasi yang terbaik bagi masyarakat, dan ini kami lakukan untuk kemajuan kita bersama”
Tidak kali ini saja Hino membantu pemerintah dalam kemajuan transportasi publik, sebelumnya Hino juga mendukung pelayanan bus Transjakarta dengan memberikan mobil service yang dapat digunakan di lokasi tempat bus mengalami kendala. Selain itu Hino juga aktif memberikan pelatihan bagi para pengemudi baik itu bus maupun truk sampah agar dapat berkendara dengan aman dan tertib.
“Program ini merupakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan yang berkelanjutan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pengembangan SDM sekaligus menjadi upaya edukasi teknis teknologi Hino yang handal dan tangguh”, tutup Santiko.